proposal mangrove's crep



PROPOSAL
MANGROVE`S CREP
(REHABILITASI HUTAN RUSAK DAN
LAHAN KRITIS MANGROVE)

A.     Latar Belakang
Pengelolaan ekosistem hutan, pasir dan laut yang berkelanjutan dengan memperhatikan kaedah-kaedah konservasi dan kesejahteraan masyarakat belum dilakukan secara efektif, sehingga di beberapa wilayah pesisir sudah mulai muncul fenomena pemanfaatan yang bersikap sektoral, eksploitatif dan melampaui daya dukung lingkungannya. Dampak pemanfaatan tersebut mulai muncul, khususnya terlihat pada laju kerusakan fisik lingkungan pesisir yang semakin meningkat.
Masalah penambangan dan ekspor pasir di kepulauan Riau ke Singapura akhir-akhir ini banyak diberitakan di media massa dan dibicarakan masyarakat luas, apalagi setelah tertangkapnya beberapa kapal keruk pasir oleh kapal perang TNI Angkatan Laut beberapa waktu lalu. Maraknya penambangan dan ekspor pasir laut dipicu dengan adanya kegiatan reklamasi di pesisir Singapura yang mencapai 160-180 km2 dengan volume kebutuhan pasir mencapai 1.815 juta m3

 
Menghitung nilai ekonomi kerusakan di kawasan pesisir dan laut merupakan pekerjaan yang tidak mudah, apabila data dan waktu terbatas. Namun kerusakan yang terjadi sesunguhnya cukup untuk menggambarkan betapa mahalnya nilai kerusakan lingkungan tersebut.
Valuasi ekonomi lingkungan pesisir dan laut merupakan upaya kuantifikasi sumber daya yang terdapat di dalam pesisir dan laut dan jika diukur dari terminologinya merupakan kesediaan untuk membayar (willingness to pay) untuk mendapatkan sumberdaya pada lingkungan tersebut, dengan demikian sasaran dari valuasi ekonomi lingkungan pasisir dan laut adalah ditujukan terhadap nilai pesisir laut dan nilai ekonomi ekologi yang ada disekitarnya.

Manfaat Mangrove
Indonesia merupakan tempat komunitas bakau terbaik dan terluas di dunia lebih kurang 3,7 juta ha atau 31,8% dari luas bakau di dunia (17 juta ha). Luas hutan bakau Papua 25%, Kalimantan Timur 20,6%, Sumatera Selatan 9.6%, Propinsi lainnya kurang dari 6% Jawa Tengah termasuk Jepara sangat kecil tetapi memiliki nilai strategis
Hutan Mangrove adalah salah satu jenis lahan basah yang paling produktif, karena tumbuh di daerah antara pasang-surut pantai dan di mulut muara sungai. Hutan mangrove juga merupakan habiatat alami yang unik bagi bermacam flora dan fauna laut dan air payau.
Dilihat dari nilai kapitalisasi pasarnya kayu mangrove merupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Dengan asumsi 1 Ha ekosistem hutan mangrove mampu menghasilkan sekitar 18m3/Ha/Th. (Al-Rasyid, 1989), dengan harga US$ 50,00/m3 (Ruitenbeek, 1991) bila asumsi nilai tukar 1 US$=Rp. 9000,- maka nilai kapitalisasi manfaat kayu mangrove di lokasi tersebut adalah Rp. 8.100.000,- /Ha/Th.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan bahwa mangrove merupakan ekosistem hutan, maka pemerintah bertanggung jawab dalam pengelolaan yang berasaskan manfaat dan lestari, kerakyatan, keadilan, kebersamaan, keterbukaan dan keterpaduan (pasal 2). Selanjutnya dalam kaitan kondisi mangrove yang rusak, kepada setiap orang yang memiliki, pengelola dan atau memanfaatkan hutan kritis atau produksi, wajib melaksanakan rehabilitasi hutan untuk tujuan perlindungan konservasi (Pasal 43).
Dalam program konservasi dan rehabilitasi hutan mangrove, pemerintah lebih berperan sebagai mediator dan fasilitator (mengalokasikan dana melalui mekanisme yang ditetapkan), sementara masyarakat sebagai pelaksana yang mampu mengambil inisiatif.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah disebutkan bahwa penggunaan dana reboisasi sebesar 40% dialokasikan kepada daerah penghasil untuk kegiatan reboisasi-penghijauan dan sebesar 60% dikelola Pemerintah Pusat untuk kegiatan reboisasi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2000 tentang Dana Perimbangan disebutkan bahwa Dana Reboisasi sebesar 40% dialokasikan sebagai Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk rehabilitasi hutan dan lahan di daerah penghasil (kabupaten/kota) termasuk untuk rehabilitasi hutan mangrove
Mangrove memiliki banyak fungsi terutama penyokong ekosistem pantai dan daratan, menjaga pantai dri abrasi. Namun di banyak tempat di Indonesia hutan mangrove mengalami perusakan yang cukup memperihatinkan. Di Indonesia sendiri perusakan hutan mangrove sudah tergolong parah, menurut Departemen Kehutanan, dari 8.6 juta hektar lahan mangrove yang ada. 68 persennya atau sekitar 5.9 juta hektar telah rusak. Konservasi yang diusahakan oleh berbagai LSM dan badan-badan lainnya pun sejauh ini hasilnya tidak maksimal.
Hal tersebut diakibatkan karena masih kurangnya kepedulian dan peran serta pemerintah dan masyarakat umum mengenai pentingnya konservasi untuk hutan mangrove ini.
            Terlihat bahwa sesungguhnya kita harus membayar setiap tahun, setiap hektar atas kerusakan lingkungan pesisir dan laut akibat abrasi pantai sebesar nilai tersebut. Data terakhir menyebutkan bahwa kerusakan sudah mencapai 68% dari total lingkungan peisir dan laut yang ada, maka estimasi kerugian yang ditanggung oleh bangsa Indonesia khususnya masyarakat Jepara mencapai nilai ratusan juta rupiah,. artinya betapa mahalnya lingkungan yang rusak dan harus dibayar bangsa Indonesia untuk sebuah kerusakan abrasi pesisir dan laut.

Sekilas Rehabilitasi Hutan Rusak Dan Lahan Kritis Mangrove
Dalam penanaman mangrove, kegiatan pembibitan dapat dilakukan dan juga dapat tidak dilakukan. Apabila keberadaan pohon/buah mangrove di sekitar lokasi penanaman banyak, kegiatan pembibitan dapat tidak dilakukan. Apabila keberadaan pohon/buah di sekitar lokasi penanaman sedikit atau tidak ada, kegiatan pembibitan sebaiknya dilaksanakan.
Adanya kebun pembibitan akan menguntungkan terutama bila penanaman dilaksanakan pada saat tidak musim puncak berbuah atau pada saat dilakukan penyulaman tanaman. Selain itu, penanaman melalui buah yang dibibitkan akan menghasilkan persentase tumbuh yang tinggi. Bibit/benih yang akan ditanam harus sudah tersedia satu hari sebelum diadakan penanaman.
Penanaman secara langsung, terutama di pinggir laut, sulit dilaksanakan karena buah/bijinya terlalu kecil sehingga mudah dibawa arus. Penanaman dengan sistem puteran dari permudaan alam, untuk kedua jenis ini dapat dilakukan dan berhasil dengan baik.
Berdasarkan keprihatinan di atas, dan untuk meyambut Hari Bumi, Hari Lingkungan Hidup dan Hari Mangrove Dunia, kami Mahasiswa Jepara yang tergabung dalam SIMAHARAJA (Silaturahmi Mahasiswa Jepara di Jakarta) bermaksud mengadakan sebuah upaya untuk mencoba mempertahankan pantai Jepara khususnya dan pantai di seluruh Indonesia pada umumnya dari abrasi, intrusi air laut, menurunkan kondisi gas CO2 di Atmosfir dan masih banyak manfaat dari usaha kita meRehabilitasi Hutan Mangrove.
Karena kegiatan ini tidak akan terealisasi dengan baik tanpa partisipasi dari semua pihak yang terkait serta pembiayaannya, maka dengan ini kami kami mengajak kepada semua pihak untuk dapat berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan ini.


B.     Nama Program
Program ini kami beri nama Mangrove`s CREP atau di singkat “Mr. CREP” (Rehabilitasi Hutan Rusak Dan Lahan Kritis Mangrove Jepara).

C.     Tujuan Program
  1. Conservation (perlindungan) yaitu sebagai upaya untuk tetap menjaga dan melindungi kelestarian lingkungan pantai dari abrasi.
  2. Restorvation (pengamanan) pengamanan terhadap abrasi, garis pantai sebagai batas teritorial negara dan habitat di dalamnya.
  3. Education (pendidikan) diharapkan proyek tersebut dapat dikembangkan dan dijakdikan sebagai laboratorium alam yang nantinya menjadi pusat penelitian mangrove.
  4. Production (produksi) yaitu disamping sebagai penghasil bibit dan pemanfaatan kayu mangrove, tetapi juga terdapat nilai produktif ekonomis pada habitat ikan, reptil dan burung dalam hutan mangrove.
  5. Pemulihan Lingkungan, yaitu setelah perlindungan dan pengamanan terlaksana maka pemulihan kelestarian lingkungan akan terjadi.

D.     Bentuk Program
Program ini berbentuk
1.       Penyuluhan dan Sosialisasi tentang Pentingnya Ekosistem Mangrove dan Pelatihan Penanaman
a.       Peserta Penyuluhan
·         Siswa SD/MI dan SMP/MTs sekitar lokasi
·         Guru SD/MI dan SMP/MTs sekitar lokasi
·         Masyarakat pemerhati lingkungan
b.       Lokasi Penyuluhan
·         Gedung Sekolah SD/MI dan SMP/MTs sekitar lokasi
c.       Metode Penyuluhan
·         Pembagian buku materi tentang mangrove
·         Talk show dan Tanya jawab
·         Pemutaran film lingkungan untuk mangrove
d.       Waktu Penyuluhan
·         Penyuluhan akan dilaksanakan secara marathon mulai tanggal 27 April s/d 1 Mei 2008.
·         Penyuluhan akan dikoordinasikan dengan sekolahan dan pihak terkait

2.       Kampanye Lingkungan untuk Mangrove
Aksi damai pembagian mawar dan selebaran tentang pentingnya ekosistem mangrove dan bahaya global warming, Aksi teatrikal dan Pemutaran film lingkungan tentang mangrove dan Konser Lingkungan untuk Mangrove bersama Band Sekolah, Band Kampus dan Band Bintang Tamu
a.       Peserta
·         Siswa SMA dan MA di Kabupaten Jepara
·         Mahasiswa Pemerhati dan Pecinta Lingkungan
·         Duta Lingkungan
·         Tokoh Akademisi dan Tokoh Masyarakat pemerhati lingkungan
·         Masyarakat Umum pemerhati lingkungan
b.       Lokasi
·         Bunderan Ngabul, Jl. Raya Jepara – Kudus, Tahunan, Jepara
c.       Waktu
·         Kampanye akan diselenggarakan setelah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait

3.       Rehabilitasi Hutan Rusak dan Lahan Kritis Mangrove
a.       Penanaman bibit mangrove
·         Aksi penanaman merupakan kegiatan puncak Mangrove`s CREP
·         Penanaman akan dilakukan pada 4 (empat) lokasi yang sudah ditentukan secara bertahap sesuai dengan prosedur penanaman mangrove
·         Penanaman ini merupakan aksi penanaman awal yang nantinya akan dilanjutkan dan dikembangkan pada setiap lokasi
b.       Pembuatan Arboretum pada setiap lokasi Mangrove`s CREP

c.       Penelitian ekosistem Mangrove
·         Penelitian ekosistem mangrove merupakan kegiatan lanjutan sebagai kegiatan pengembangan, pengayaan informasi dan pemanfaatan tentang ekosistem mangrove seperti, kayu, buah, bunga, dan habitat mangrove seperti, ikan, reptile, burung dan lain-lain.

E.      Manfaat Program
  1. Manfaat Biologis
    1. Habitat  Biota Laut dan Satwa Liar
    2. Sumber Produktif Perairan

  1. Manfaat Ekonomis
    1. Penghasil bibit mangrove
    2. Perikanan
    3. Burung dan Reptil
    4. Wisata Alam
    5. Penghasil Kayu Bakar
    6. Penghasil Kayu Arang
    7. Penghasil Bahan Baku Kertas
    8. Penghasil Tanin
    9. Penghasil Kayu Bangunan/Tiang Pancang
    10. Sumber Mata Pencaharian Masyarakat
    11. Sumber Pangan
    12. Sumber Bahan Obat-Obatan

  1. Manfaat Sosialis
    1. Kelestarian lingkungan hidup.
    2. Peningkatan Kesejahteraan masyarakat sekitar.

  1. Manfaat Fisik
    1. Penahanan Abrasi
    2. Menahan Intrusi Air Laut
    3. Menurunkan Kondisi Gas CO2 di Atmosfir
    4. Penahan Angin

  1. Manfaat Edukatif
    1. Obyek penelitian
    2. Laboratorium Alam

F.      Pelaksana Program
Kegiatan Rehabilitasi ini akan dilaksanakan oleh SIMAHARAJA (Silaturahmi Mahasiswa Jepara di Jakarta) yang didukung oleh :
  1. KeSEMat UNDIP Perikanan Jepara
  2. MRC Indonesia
  3. WAPALHI Jepara
  4. Yayasan Mangrove Indonesia.
  5. WALHI
Adapun susunan kelompok kerja terlampir.

G.     Rencana Lokasi Rehabilitasi
  1. Lokasi I             : Pantai Bondo, Mlonggo, Jepara
  2. Lokasi II            : Pantai Kartini, Kota, Jepara
  3. Lokasi III           : DAS Desa Karang Aji, Kedung, Jepara
  4. Lokasi IV          : Pulau Kemojan, Karimunjawa, Jepara

H.     Manual Kegiatan
Terlampir

I.        Estimasi Biaya
Terlampir

J.       Sumber Dana 
Biaya MangroveCrep (Rehabilitasi Hutan Rusak dan Lahan Kritis Mangrove) tersebut diharapkan dari:
A.      Departemen Kehutanan
B.      Departemen Kelautan dan Perikanan.
C.     Kementerian Lingkungan Hidup
D.     Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah
E.      Balai Taman Nasional Provinsi Jawa Tengah
F.      Pemerintah Daerah Jepara
G.     Balai Taman Nasional Kabupaten Jepara
H.     Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jepara
I.        Sumber lain yang tidak melanggar hukum dan tidak mengikat

K.     Penutup
Demikianlah gambaran proposal Mangrove`s CREP (Rehabilitasi Hutan Rusak Dan Lahan Kritis Mangrove Jepara) oleh Kelompok Kerja Pembibitan Mangrove atas dasar koordinasi dengan pihak mitra kerja yaitu KeSEMat UNDIP Perikanan Jepara, MRC Indonesia, WAPALHI Jepara, Yayasan Mangrove Indonesia, WALHI, dan sumber pendanaan; Departemen Kehutanan RI, Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Lingkungan Hidup RI, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Jepara dan Sumber Dana lainnya. Atas dukungan dan bantuan oleh semua pihak yang terlibat dan atas nama seluruh pihak yang terkait kami sampaikan terima kasih.

Jepara, 14 November 2007





Syarif Hidayatullah, S.Pd.I                                           Afief Abdillah
                       Ketua                                                                Sekretaris


Lampiran 1
SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK KERJA
MANGROVE`S CREP
(Rehabilitasi Hutan Rusak dan Lahan Kritis Mangrove)


PELINDUNG                            : Bupati Jepara
                                                  Hendro Martodjo,MM.
PENASEHAT                           : Drs. Arief Mudatsir Mandan, M.Si.
  (Ketua Umum Kumpulan Tiyang Jeporo)
  Drs. Mufid Busyairi (Anggota DPR.RI).
PENASEHAT AHLI                  : KeSemat UNDIP Perikanan Jepara
                                                  MRC Indonesia
       
Penanggung Jawab Pelaksana
Ketua                            : Syarif Hidayatullah, S.Pd.I
Sekretaris                     : Afief Abdillah

Divisi-Divisi
Divisi Perencanaan Program (Koord)                               : Bashori
Bagian Penyuluhan dan Pelatihan                             : Widjanarko, S.Psi
      Bagian Kampanye Lingkungan                                  : Abdul Mujib
      Bagian Konser Lingkungan                                      : Eri Susanto, S.Com
      Bagian Rehabilitasi Hutan                                        : Ismael
Divisi Pembiayaan dan Pengelola Keuangan (Koord)        : Zamroni
Divisi Perlengkapan (Koord)                                            : Akhris Hidayat
Divisi Sosialisasi Program (Koord)                                  : Arie Setiawan
Divisi Akomodasi, Transportasi dan Komunikasi (Koord)   : Akhlis Hidayat




Lampiran 3
ANGGARAN BIAYA

Kesekretariatan
No
Deskripsi
Volume
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Kop Surat + Amplop
1 set

150.000
2
Stampel + stampad
1 set

100.000
3
ATK
1 paket

300.000
4
Penggandaan proposal
10
25.000
250.000
5
Pamflet Mangrove`s CREP
2 rem
250.000
500.000
6
Spanduk Rentang
8 buah
85.000
680.000
7
Backdrop Kampanye
1 buah

200.000
8
Komputer program
1 set

6.000.000
Sub Total
8.180.000

Tahap I
No
Deskripsi
Volume
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Akomodasi Rapat Pembentukan Kelompok Kerja
1 paket

300.000
2
Akomodasi penyebaran proposal Audiensi proposal
10 paket
50.000
500.000
3
Akomodasi Rapat Koordinasi Perencanaan Awal Kerja dan Job Deskripsi
1 paket

500.000
4
Akomodasi Observasi & Sosialisasi Pra-Pelaksanaan
4 Lokasi
500.000
800.000
Sub Total
3.300.000



Tahap II
No
Deskripsi
Volume
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Materi Kit Penyuluhan dan Pengenalan Pentingnya ekosistm mangrove
1 paket x 8 tempat
200.000
1.600.000
2
Sewa Laptop + Proyektor + Layar Portable
1 paket x 8
500.000
4.000.000
3
Kenang-kenangan
8 buah
50.000
400.000
4
Penggandaan Brosur Aksi Damai
2 rem
50.000
100.000
5
Mawar untuk Aksi Damai
500 tangkai
2000
1.000.000
6
Pementasan Aksi Teatrikal
1 paket

500.000
7
Sewa Alat Pemutaran Film Lingkungan untuk Mangrove
1 paket

1.500.000
8
Panggung + Sound system + Alat Music
1 paket

1.750.000
9
Akomodasi Band Sekolah, Kampus dan Bintang Tamu
1 paket

3.000.000
10
Perijinan Aksi
1 paket

2.000.000
11
Transportasi Penyuluhan,
4 paket
200.000
800.000
12
Transportasi Kampanye Lingkungan
1 paket

500.000
13
Komunikasi Penyuluhan Lingkungan
8 paket
100.000
800.000
14
Komunikasi Kampanye Lingkungan
1 paket

200.000
15
Konsumsi Penyuluhan x 3 orang
8 paket
100.000
800.000
16
Konsumsi Kampanye
 1 paket

1.500.000
Sub Total
20.450.000





Tahap III
No
Deskripsi
Volume
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Akomodasi Audiensi Fixasi pelaksanaan Mangrove`s CREP
4 paket
300.000
1.200.000
2
Persiapan lahan kerja
4 paket
300.000
1.200.000
3
Akomodasi Rapat Koordinasi Pembagian Pok-Ja & Job-Des
1 paket

1.000.000
4
Tutor x 3 orang
4 paket
600.000
2.400.000
5
Kaos Aksi Penanaman x 100
4 paket
2.000.000
8.000.000
6
Kaos Aksi Damai Mangrove
200
20.000
2.000.000
7
Bibit Mangrove 1500 x 3000 bibit
4 paket
4.500.000
18.000.000
8
Tenda + Sound system
4 paket
300.000
1.200.000
9
Sepatu mangrove + peralatan
4 paket
2.000.000
8.000.000
10
Transportasi
4 paket
500.000
2.000.000
11
Komunikasi
4 paket
200.000
800.000
12
Konsumsi
4 paket
600.000
2.400.000
Sub Total
48.200.000

Rekapitulasi Anggaran
No
Deskripsi Anggaran
Jumlah (Rp)
1
Kesekretariatan
8.180.000
2
Sub Total Anggaran Tahap I
3.300.000
3
Sub Total Anggaran Tahap II
20.450.000
4
Sub Total Anggaran Tahap III
48.200.000
Grand Total
80.130.000


Proposal Kontraprestasi
 

Benefit Sponsor
Ø  Nama Baik dan Dikenal
Nama baik Instansi, perusahaan/badan usaha Anda akan terangkat dan dikenal para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu lembaga anda akan dapat  dikenal  oleh peserta sebagai suatu perusahaan yang aktif, dinamis, memiliki kredibilitas yang tinggi dan profesionalitas yang dapat mengangkat citra institusi Anda.

Ø  Promosi Secara Langsung
Lembaga Anda dapat secara langsung melakukan promosi kepada pelajar tingkat SD sampai dengan SMA, masyarakat umum, mahasiswa, akademesi, birokrat pemerintah, dll dan seluruh perangkatnya yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Ø  Tanggung Jawab Lingkungan dan Pendidikan
Lembaga Anda dapat ikut serta bertanggung jawab dalam upaya pelestarian lingkungan, dan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan pendidikan di Indonesia serta membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional.

Ø  Kerjasama yang Saling Menguntungkan
Bagi kami, kontribusi perusahaan sangat menentukan kelancaran dan kesuksesan acara Mangrove`s CREP, sehingga maksud dan tujuan dari acara ini dapat tersampaikan dengan baik. Bagi perusahaan mendapatkan peluang untuk menanamkan brand image serta mempromosikan produk.

Ø  Media Promosi yang Ekonomis, Efektif,dan Efisien
Media promosi ini diperuntukkan bagi peserta dengan pencantuman logo perusahaan pada ID-Card panitia, sertifikat, vandel,  kaos, baliho, spanduk, umbul-umbul, media cetak dan media promosi lainnya yang digunakan oleh panitia.



Kriteria Sponsor

A. Paket Blue Chip
Kontribusi dana : 90 -  100 % dari total anggaran dana dan merupakan sponsor tunggal yang berpartisipasi penuh dalam penyelenggaraan acara.
Nama atau logo perusahaan Anda akan dimuat pada :
µ  Id-Card Panitia dan Peserta sebanyak 500 buah
µ  Spanduk Kegiatan dan Acara
Spanduk kegiatan sebanyak 10 (Sepuluh) buah dengan ruang sponsor 30% dari luas spanduk selama acara berlangsung. Dengan Spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk Kegiatan 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi ditentukan panitia dengan ketentuan 30% merupakan promosi perusahaan dan 70% merupakan publikasi kegiatan.
µ  Spanduk Sponsor
Sebanyak 6 (enam) buah dipasang selama acara berlangsung dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi oleh sponsor
µ  Sertifikat
Yang akan dibuat dalam kegiatan penyuluhan Sebanyak 600 exemplar dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran sertifikat Kertas Folio
Ü  Design dan produksi oleh panitia
µ  Cendramata sebanyak 5 buah
µ  Iklan media cetak dan elektronik
µ  Lain-Lain
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 50 umbul-umbul perusahaan
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 120 buah kaos untuk panitia dan peserta yang akan digunakan pada saat kegiatan berlangsung.
Ü  Perusahaan dapat menitipkan media promosi lainnya dan sebelumnya dibicarakan dengan panitia
Ü  Nama dan Jargon Perusahaan akan dipublikasikan pada setiap acara yang diselenggarakan.
B. Paket Preferred

Kontribusi dana : 60 % - 90 %  dari total anggaran dana
Nama atau logo perusahaan dimuat pada :
µ  Id-Card Panitia dan Peserta sebanyak 500 buah
µ  Spanduk Kegiatan dan Acara
Spanduk kegiatan  sebanyak 10 (sepuluh) buah dengan ruang sponsor 50% dari ruang promosi 30% dari luas spanduk selama acara berlangsung. Dengan Spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk Kegiatan 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi ditentukan panitia dengan ketentuan 30% merupakan promosi perusahaan dan 70% merupakan publikasi kegiatan.
µ  Spanduk Sponsor
Sebanyak 4 (empat) buah dipasang selama acara berlangsung dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi oleh sponsor
µ  Sertifikat
Yang akan dibuat dalam kegiatan Seminar Sebanyak 600 exemplar dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran sertifikat Kertas Folio
Ü  Design dan produksi oleh panitia
µ  Cendramata sebanyak 5 buah
µ  Iklan media cetak dan elektronik
µ  Lain-Lain
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 30 umbul-umbul perusahaan
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 120 buah kaos untuk panitia dan peserta yang akan digunakan pada saat kegiatan berlangsung.
Ü  Perusahaan dapat menitipkan media promosi lainnya dan dibicarakan dengan panitia
Ü  Nama dan Jargon Perusahaan akan dipublikasikan pada setiap acara yang diselenggarakan.
Ü  Perusahaan tidak memonopoli segala bentuk kegiatan promosi.



C. Paket Average

Kontribusi dana : 30% - 59%  dari total anggaran dana
Nama atau logo perusahaan dimuat pada :
µ  Id-Card Panitia dan Peserta sebanyak 500 buah
µ  Spanduk Kegiatan dan Acara
Spanduk kegiatan  sebanyak 7 (tujuh) buah dengan ruang sponsor 30% dari ruang promosi 30% dari luas spanduk selama acara berlangsung. Dengan Spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk Kegiatan 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi ditentukan panitia dengan ketentuan 30% merupakan promosi perusahaan dan 70% merupakan publikasi kegiatan.
µ  Spanduk Sponsor
Sebanyak 3 (tiga) buah dipasang selama acara berlangsung dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi oleh sponsor
µ  Sertifikat
Yang akan dibuat dalam kegiatan Seminar Sebanyak 600 exemplar dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran sertifikat Kertas Folio
Ü  Design dan produksi oleh panitia
µ  Cendramata sebanyak 5 buah
µ  Iklan media cetak dan elektronik
µ  Lain-Lain
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 20 umbul-umbul perusahaan
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 120 buah kaos untuk panitia dan peserta yang akan digunakan pada saat kegiatan berlangsung.
Ü  Perusahaan dapat menitipkan media promosi lainnya dan dibicarakan dengan panitia
Ü  Nama dan Jargon Perusahaan akan dipublikasikan pada setiap acara yang diselenggarakan.
Ü  Perusahaan tidak memonopoli segala bentuk kegiatan promosi.



D. Paket Convertible
Kontribusi dana : 10 % - 29 %  dari total anggaran dana
Nama atau logo perusahaan dimuat pada :
µ  Id-Card Panitia dan Peserta sebanyak 500 buah
µ  Spanduk Kegiatan dan Acara
Spanduk kegiatan  sebanyak 7 (Tujuah) buah dengan ruang sponsor 10% dari ruang promosi 30% dari luas spanduk selama acara berlangsung. Dengan Spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk Kegiatan 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi ditentukan panitia dengan ketentuan 30% merupakan promosi perusahaan dan 70% merupakan publikasi kegiatan.
µ  Spanduk Sponsor
Sebanyak 2 (dua) buah dipasang selama acara berlangsung dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran spanduk 1 m x 5 m
Ü  Design dan produksi oleh sponsor
µ  Sertifikat
Yang akan dibuat dalam kegiatan Seminar Sebanyak 600 exemplar dengan spesifikasi :
Ü  Ukuran sertifikat Kertas Folio
Ü  Design dan produksi oleh panitia
µ  Cendramata sebanyak 5 buah
µ  Iklan media cetak dan elektronik
µ  Lain-Lain
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 10 (sepuluh) buah umbul-umbul perusahaan
Ü  Perusahaan dapat menitipkan 120 buah kaos untuk panitia dan peserta yang akan digunakan pada saat kegiatan berlangsung.
Ü  Perusahaan tidak memonopoli segala bentuk kegiatan promosi.

E. Paket Konsumsi
Paket ini diperuntukkan untuk perusahaan makanan dan minuman yang ingin ikut serta dalam acara ini tetapi tidak mengambil paket yang telah disebutkan di atas. Logo atau nama perusahaan juga akan dimuat pada spanduk dan sertifikat. Selain itu, perusahaan dapat menitipkan umbul-umbul pribadi sebanyak 10 buah. Dalam hal ini, perusahaan mensupply kebutuhan konsumsi selama kegiatan berlangsung.
F. Paket Partnership
Paket ini dikhususkan bagi perusahaan media cetak dan elektronik yang tidak mengambil paket lain di atas, dalam bentuk kerjasama dengan cara publikasi atau meliput acara selama pelaksanaan kegiatan.. Sehingga perusahaan mendapatkan simpati dan nama baik di masyarakat pada umumnya. Logo atau nama perusahaan dimuat pada spanduk dan sertifikat.

G. Paket Donasi
Paket ini sangat sesuai bagi perusahaan maupun perseorangan yang bermaksud memberikan sejumlah dana, barang dan jasa yang nilainya dibawah 10 % dari total anggaran dana. Kerjasama ini dilaksanakan dengan tetap menjaga independensi dan integritas kedua belah pihak.

H. Paket Parsial
Paket ini dapat dinegosiasikan antara perusahaan dengan panitia. Paket ini hanya berlaku pada kegiatan Aksi Damai Mangrove. Perusahaan hanya dapat mengambil salah satu jenis ruang promosi yang ditawarkan oleh pihak panitia.
µ  Spanduk Acara
Ukuran : Lihat daftar teknis media promosi dan Desain Bebas
Tarif                  : Rp 100.000,00 / spanduk
µ  Umbul-Umbul
Ukuran              : Lihat daftar teknis media promosi dan Desain Bebas
Tarif                  : Rp 30.000,00 / umbul-umbul (minimal 8 buah)
µ  Pembuatan Kaos Panitia
Ukuran              : Lihat daftar teknis media promosi dan Desain Bebas
Tarif                  : Rp.750.000 (25 x @ 30.000,-)






Kesepakatan Sponsorship

Ø  Kesepakatan Penempatan Logo / Nama Perusahaan
¯  Pengaturan dan penempatan media promosi merupakan wewenang panitia.
¯  Sponsor harus menyerahkan logo atau nama perusahaan kepada panitia. Jika nantinya terdapat perubahan ukuran atau penempatan pada media promosi, panitia akan menginformasikan lebih lanjut.

Ø  Kesepakatan Pembayaran
¯  Pembayaran DP (Down Payment) minimum 50 % diberikan kepada panitia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
¯  Batas akhir konfirmasi persetujuan akhir perusahaan        : 10 Januari 2008
¯  Batas akhir konfirmasi pembatalan persetujuan                : 15 Januari 2008
¯  Batas akhir pembayaran Down Payment                                     : 12 Januari 2008
¯  Batas Akhir Pembatalan Down Payment                         : 15 Januari 2008
¯  Batas akhir pembayaran sisa kontrak                              : 25 Januari 2008
¯  Naik cetak publikasi                                                       : 21 Januari 2008
¯  Promosi dan Publikasi Acara                                          : 28 Januari 2008
¯  Acara dimulai                                                                : 6 & 7  Februari 2008

Pembayaran melalui :
·         Untuk pembayaran diberikan dalam bentuk tunai (di muka) dengan tanda bukti langsung dari panitia
·         Untuk pembayaran melalui rekening akan dibicarakan oleh kedua belah pihak
·         Panitia melayani konfirmasi dari pihak eksternal pada hari Minggu



Pembatalan Sponsorship

Ø  Pembatalan Oleh Pihak Sponsor
¯  Pembatalan diajukan tertulis lengkap dan jelas
¯  Jika pembatalan Down Payment dilakukan sebelum dan pada tanggal 15 Januari 2008, maka hak sponsor akan dikembalikan sebesar 10 % dari total nilai kesepakatan
¯  Jika pembatalan Down Payment dilakukan setelah tanggal  15 Januari 2008, maka total pembayaran dalam perjanjian sponsor yang telah disepakati menjadi hak panitia

Ø  Pembatalan Oleh Panitia
¯  Jika pembatalan terjadi karena kesalahan panitia, maka total pembayaran dalam perjanjian akan dikembalikan sesudah dikurangi biaya administrasi 2 % dari nilai Down Payment.
¯  Jika pembatalan terjadi karena sponsor menyalahi kesepakatan maka total pembayaran dalam perjanjian yang telah disepakati menjadi hak panitia

Ø  Klaim Oleh Pihak Sponsor
¯  Apabila terjadi hal yang merugikan pihak sponsor, maka klaim dapat diajukan selambat-lambatnya 1 x 24 jam setelah berakhirnya acara dan panitia tidak melayani klaim sesudah batas waktu tersebut
¯  7  Februari 2008 : Grand Season & Closing
¯  8  Februari 2008 : Batas Akhir Klaim, pukul 12.00 WIB



Daftar Teknis Media Promosi

1.       SPANDUK  ACARA

               






UKURAN : 1 M X 5 M
Keterangan :
1 = Tema Acara                  
A = Lembaga / badan pendukung                  
B = Space untuk sponsor BLUE CHIP

2.       SPANDUK  ACARA


 








UKURAN : 1 M X 5 M
Keterangan :
1 = Tema Acara
A = Lembaga / badan pendukung
B = Space untuk sponsor PREFERRED
C = Space untuk sponsor AVERAGE
D = Space untuk sponsor CONVERTIBLE
E = Space untuk sponsor Konsumsi dan Media Partner

 
 





SERTIFIKAT PANITIA dan PESERTA
                                                                             


UKURAN : 33 cm X 21 cm
Keterangan :
1 = Tema Acara
A = Lembaga / badan pendukung
B = Space untuk sponsor PREFERRED
C = Space untuk sponsor AVERAGE
D = Space untuk sponsor CONVERTIBLE
E = Space untuk sponsor Konsumsi dan Media Partner


 





















 4.  UMBUL –UMBUL ACARA






A,B,C,D,E,1,ACARA


UKURAN : 5 M X 40 Cm
Keterangan :
1 = Nama kegiatan
A = Lembaga & Badan pendukung
B = Space untuk sponsor PREFERRED
C = Space untuk sponsor AVERAGE
D = Space untuk sponsor
        CONVERTIBLE
E = Space untuk sponsor Konsumsi dan Media
       Partner

 


5.  ID CARD







A,B,C,D,E,1,2


UKURAN : 15 cm X 10 cm
Keterangan :
            1 = Tema & Nama, Jabatan, Identitas
            2 = Pas Foto 2x3
            A = Lembaga & Badan pendukung
B = Space untuk sponsor PREFERRED
C = Space untuk sponsor AVERAGE
D = Space untuk sponsor CONVERTIBLE
E = Space untuk sponsor Konsumsi dan Media Partner
 
 

SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA
No. 04/P/PPLM/SHMRJ/I/2008

PIHAK I (PERTAMA)
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                     : …………………………………………………..
Perusahaan                          : …………………………………………………..
Jabatan                                 : …………………………………………………..
Alamat                   : …………………………………………………..
                                                  …………………………………………………..
Telepon                                 : ………………………………………………….. 

PIHAK II (KEDUA)
Nama                                     : ………………………………………………….
Jabatan Kepanitiaan          : …………………………………………………..
Alamat                   : …………………………………………………..
Telepon                 : ………………………………………………….. 
atau                                        : Cp.  ……………………………………………..

Dengan ini PIHAK I bersedia untuk mengadakan perjanjian kerja sama dengan PIHAK II tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Adapun perjanjian tersebut dalam bentuk sponshorship dengan spesifikasi kategori di bawah ini:

A
Paket blue chip
E
Paket konsumsi
B
Paket preferred
F
Paket partnership
C
Paket average
G
Paket donasi
D
Paket Convertible
H
Paket parsial

Berilah tanda bulat pada huruf di atas sesuai dengan spesifikasi sposhorship yang anda pilih.
Down Payment (DP)           : Rp. ___________________________
Pelunasan                            : …….. Januari 2008

Besarnya tarif pembayaran kerjasama/partisipasi adalah sebesar :
Rp. __________________________________
Terbilang : ………………………………………………………………………………………………
Dengan cara pembayaran ………………… Atau berupa barang dalam bentuk ………………………………………………..... (senilai: Rp.  …………………………) yang diserahkan pada PIHAK II pada Tanggal : …... Januari  2008.



PIHAK I
Partisipan /Sponsor



( …………………………………. )
PIHAK II
Panitia Pelatihan



( …………………………………. )




Catatan :
Ü  Surat perjanjian ini dibuat rangkap dua, satu lembar diserahkan kepada partisipan dan satu lembar di bawa oleh pembawa proposal.
Ü  Surat perjanjian ini dianggap sah apabila dibubuhi tanda tangan dan atau cap resmi kedua belah pihak dengan disertai materai secukupnya dan mepunyai kekuatan hukum yang sah.
Ü  Bentuk logo perusahaan atau produk yang akan dipasang dilampirkan berserta spesifikasinya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

filsafat agama : argumen - argumen wujud tuhan

proposal pembuatan hutan rakyat